Rabu, 18 Januari 2012

Sepertiga Kasus Kanker Mungkin Disebabkan oleh Faktor Gaya Hidup


Sepertiga dari semua kasus kanker disebabkan oleh 4 gaya hidup yang sering terjadi yaitu meliputi: merokok, diet, alkohol dan kegemukan atau obesitas. Hal ini merupakan hasil dari suatu review yang dilakukan secara mendetail dari faktor gaya hidup dan lingkungan. Para peneliti mengkalkulasi dari fraksi kanker terhadap pengaruh dari masing-masing faktor ini. Penelitian ini dikepalai oleh Max Parkin, MD, professor of epidemiology at Queen Mary University, London, Inggris dan telah dipublikasikan dalam suplemen dari the British Journal of Cancer.

Kajian ini didasarkan pada data terbaru yang tersedia; peneliti memperkirakan kejadian tahun 2010 berdasarkan gambaran pada angka kejadian Inggris 1993-2007. Para peneliti kemudian menghitung proporsi kanker yang dapat dikaitkan dengan 1 dari 14 faktor: merokok, minum alkohol, kurangnya konsumsi buah dan sayuran, kurangnya serat, makan daging merah dan olahan, terlalu banyak garam, kelebihan berat badan atau obesitas, kurang olahraga fisik, radiasi pengion, radiasi ultraviolet, pajanan akibat kerja (misalnya, asbes), infeksi (misalnya, manusia papillomavirus [HPV]), dan khusus untuk wanita, terapi penggantian hormon postmenopause dan kurangnya menyusui.

Kanker pada Laki-laki
                Faktor risiko               
Kanker dikaitkan dengan faktor risiko (%)
Merokok
23.0
Kurang buah dan sayuran
6.1
Pemaparan pekerjaan (abses)
4.9
Alkohol
4.6
Obesitas
4.1
Radiasi sinar matahari berlebihan
3.5

                                                                                       









Kanker pada Wanita
Faktor risiko
Kanker dikaitkan dengan faktor risiko (%)
Merokok
15.6
Obesitas
6.9
Infeksi  (mis: HPV)
3.7
Radiasi sinar matahari berlebihan
3.6
Kekurangan sayur dan buah
3.4
Alkohol
3.3











Ukuran yang digunakan dalam kajian ini adalah fraksi penyebab dari populasi. Beberapa faktor gaya hidup yang dipelajari ternyata tumpang tindih satu sama lain, sehingga persentase menambahkan hingga lebih dari 100%. Pada kanker paru-paru, misalnya, fraksi populasi disebabkan untuk tembakau adalah 85%, untuk faktor pendudukan adalah 13,2%, karena kurangnya buah dan sayuran adalah 9%, dan untuk radiasi pengion adalah 4,7%. Dalam kombinasi, faktor-faktor gaya hidup berkontribusi 89,2% dari kasus kanker paru-paru, dan lebih dari 10% dari kanker paru tidak terkait dengan salah satu faktor. Namun, gaya hidup sehat masih ada jaminan bahwa Anda dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Dari hasil studi tersebut, kontrol terhadap 4 gaya hidup yaitu: merokok, alkohol, diet, serta obesitas yang berkoontribusi terhadap kejadian kanker, juga bermanfaat dalam mengendalikan penyakit degeneratif terutama kardiovaskuler, diabetes, serta penyakit ginjal dan hati.

0 komentar:

Poskan Komentar