Kamis, 19 Januari 2012

Efek Panggunaan Metformin Jangka Panjang Terhadap Vitamin B12 dan Vitamin D


Dari studi yang dilakukan oleh Dr.Kos E. dkk., dan dipublikasikan dalam jurnal Endocrine Practice pada bulan September 2011, menunjukkan bahwa penggunaan metformin jangka panjang akan mempengaruhi kadar vitamin B12 namun tidak memberikan efek negatif terhadap kadar vitamin D dalam serum. Studi retrospektif ini dengan sampel pasien-pasien yang mendapat pengobatan selama tahun 2003-2009 dari pasien rawat jalan pada klinik tingkat pertama maupun klinik spesialis pada Loyola University Medical Center.

Sebanyak 706 pasien diabtes mellitus dengan rentang usia 20-93 tahun, dan BMI 33.1 kg/m2, dimana sebanyak 34% menggunakan metformin, dan sebanyak 35%-nya mengalami osteoporosis ataupun osteopenia.  Dari uji statistik menunjukkan bahwa pasien-pasien yang menggunakanmetformin secara bermakna mempunyai kadar vitamn B12 yang lebih rendah jika dibandingkan dengan yang tidak menggunakan metformin. Namun pengguna metformin tidak mempengaruhi kadar vitamin D maupun kejadian osteoporosis.

Dalam kesimpulannnya, peneliti menyebutkan bahwa studi ini membuktikan bahwa penggunaan metformin jangka panjang mungkin akan meningkatkan prevalensi defisiensi vitamin B12 pada pada pasien diabtes mellitus, namun metformin tidak memberikan dampak negatif terhadap kadar vitamin D maupun dengan pengobatan vitamin D pada pasien-pasien ini.

0 komentar:

Poskan Komentar