Kamis, 19 Januari 2012

Diet Kaya Kalium, Menurunkan Risiko Stroke


Orang yang banyak mengkonsumsi buah dengan kadar kalium tinggi, sayuran dan produk susu akan berkurang kemungkinannya untuk menderita stroke dibanding mereka mengkonsumsi sedikit, hal ini ditunjukkan dari hasil sebuah studi terbaru yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Stroke yang berdasarkan dari analisis 10 studi internasional dan melibatkan lebih dari 200.000 subyek dewasa dan usia paruh baya. Sebaliknya, risiko stroke akan berkurang seiring dengan peningkatan asupan kalium. Untuk setiap kenaikan 1.000 mg kalium sehari, kemungkinan menderita stroke dalam lima sampai 14 tahun ke depan menurun 11%.

Dalam studi tersebut, secara keseluruhan, 8.695 orang (sekitar satu dari 30) menderita stroke. Namun penurunan risiko stroke terlihat dengan setiap kenaikan 1.000 mg kalium harian setelah disesuaikan untuk faktor seperti usia, kebiasaan olahraga dan merokok. Kalium secara khusus dikaitkan dengan penurunan risiko stroke iskemik, tetapi tidak untuk risiko stroke hemoragik. Ini tidak jelas mengapa hal ini terjadi.

Jika kalium melindungi hanya terhadap stroke iskemik, hal inimenunjukkan bahwa ada hal lain yang lebih baik daripada kontrol tekanan darah. Temuan ini sejalan dengan studi baru-baru ini oleh the U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang melibatkan lebih dari 12.000 orang dewasa selama 15 tahun. Dalam penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi natrium tinggi dan sedikit asupan kalium lebih mungkin untuk meninggal dengan apapun penyebab selama masa studi.

0 komentar:

Poskan Komentar