Minggu, 20 Mei 2012

Penggunaan HRT (Hormone Replacement Therapy) Menurunkan Oksidasi DNA dan Lemak pada Wanita Posca Menopause

Wanita menopause mengalami peningkatan stres oksidatif dan penurunan status antioksidan.Studi terbaru menunjukkan bahwa penggunaan HRT (hormone replacement therapy) akan menurunkan oksidasi dari DNA dan lemak pada wanita pasca menopause, hal ini merupakan kesimpulan dari studi yang dailakukan oleh Dr.Escalante Gómez dan kolega yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Climacteric April 2012 ini.

Dalam studi tersebut sebanyak enam puluh dua wanita postmenopause dengan karakteristik biofisik yang sama dibagi menjadi tiga kelompok: (1) sebanyak 18 wanita tidak mengambil HRT atau apapun, (2) 20 menerima terapi pengganti estrogen saja (ERT, conugated equine estrogen) dan (3) sebanyak 22 wanita yang menerima dikombinasikan HRT estrogen/progestin (conjugated equine estrogen + medroxyprogesterone acetate). Kerusakan oksidatif molekul tertentu terdeteksi dengan mengukur 8-hidroksi-2-deoksi guanosin (8-OH-2DG), untuk kerusakan DNA, dan standardized thiobarbituric acid reactive substances (TBARS), untuk kerusakan molekul lemak dan protein karbonil (protein). Aktivitas antioksidan enzim dideteksi dengan mengukur aktivitas katalase, dan status antioksidan total diukur dengan menggunakan 1,1,difenil-2-picril hydrazil. Kedua metode ELISA dan fotometrik digunakan.

Hasil 8-OH-2DG tingkat jauh lebih rendah pada wanita yang menerima HRT yang dikombinasikan jika dibandingkan dengan wanita yang tidak menerima HRT (ANOVA, p<0,05). Oksidasi lipid secara signifikan lebih rendah pada wanita pada ERT dibandingkan dengan wanita yang menggunakan tidak menggunakan HRT (ANOVA, p<0,05). Korelasi Pearson menunjukkan bahwa oksidasi lipid menurun karena konsentrasi estradiol meningkat dalam rentang penelitian (r =-0,362, p<0,05). Tidak ada perbedaan statistik tercatat untuk oksidasi protein dan aktivitas katalase antar kelompok. Tidak ada perbedaan statistik ditemukan untuk status antioksidan total antar kelompok (ANOVA).

Kesimpulan HRT menurunkan kerusakan oksidatif pada DNA dan lipid pada wanita menopause. Lipid Status oksidasi mungkin berbanding terbalik dengan kadar estrogen pada wanita menopause.

Referensi: Escalante Gómez C, Quesada Mora S;. HRT decreases DNA and lipid oxidation in postmenopausal women; Climacteric (Apr 2012)

Sumber: http://www.kalbemedical.org/News/tabid/229/id/1537/Penggunaan-HRT-Hormone-Replacement-Therapy-Menurunkan-Oksidasi-DNA-dan-Lemak-pada-Wanita-Posca-Menopause.aspx

0 komentar:

Poskan Komentar