Kamis, 24 Mei 2012

Kopi Mengurangi Risiko Terjadinya Perlemakan Hati Non-Alkoholik (NAFLD)

Non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD), merupakan menifestasi sindrom metabolik pada organ hati, dan hal ini merupakan salah satu penyebab utama pada penyakit hati. Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kopi (kafein), dapat menurunkan risiko terjadinya NAFLD (perlemakan hati non-alkoholik), hal ini merupakan kesimpulan dari suatu penelitian yang dilakukan oleh Dr. Birerdinc yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Alimentary Pharmacology & Therapeutics bulan November 2011. Dalam studi tersebut, peneliti menilai kebiasaan konsumsi terhadap kejadian perlemakan hati non-alkoholik.

Penelitian tersebut melibatkan data yang diambil dari the National Health and Nutrition Examination Surveys (NHANES 2001-2008, sedangkan komponen makanan yang dikonsumsi berdasarkan dari kuesioner asupan harian yang mengandung daftar sebanyak 62 komponen nutrisi. Regresi logistik digunakan unutk prediktor independen perlemakan hari diantara komponen nutrisi.

Dari sebanyak 62 daftar makanan yang dikonsumsi dengan menggunakan univariat analisis menunjukkan bahwa secara bermakna sebanyak 38% pasien kontrol adri kelompok yan gmengkonsumsi kafein  terjadi perlemakan hati. Dan berdasarkan dari analisis multivariat  dari demografi, parameter klinis, dan komponen nutrisi menunjukkan bahwa NAFLD lebih rendah pada ras Afro-Amerika, jenis kelamin laki-laki, konsumsi kafein, dan konsumsi air putih, namun tinggi pada subyek dengan obesitas (BMI > 30).

Dari hasil studi tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa intake kafein merupakan faktor independen yang akan menurunkan risiko NAFLD dan hal ini menunjukkan adanya efek proteksi dari kafein. Namun untuk diperlukan studi lebih lanjut untuk mengetahui atau memperjelas mekanisme kafein dalam melindungi terhadap kejadian NAFLD tersebut.


Referensi: Birerdinc A, Stepanova M, Pawloski L, Younossi ZM; Caffeine is protective in patients with non-alcoholic fatty liver disease  Alimentary Pharmacology & Therapeutics (Nov 2011)

Sumber: http://www.kalbemedical.org/News/tabid/229/id/1578/Konsumsi-Kopi-Mengurangi-Risiko-Terjadinya-Perlemakan-Hati-Non-Alkoholik-NAFLD.aspx

0 komentar:

Poskan Komentar