Kamis, 24 Mei 2012

Gabapentin Gastroretensif Bermanfaat untuk Neuropati Diabetikum

Gabapentin sediaan baru memberikan kentungan untuk penanganan nyeri neuropati pada pasien diabetes. Studi tentang gabapentin gastroretensif ini dilakukan oleh Dr. Sandercock dankolega dan telah dipublikasikan secara online dalam jurnal Diabetes Research and Clinical Practice bulan April 2012.
Dalam penelitian ini dilakukan dengan disain acak, tersamar ganda, berkontrol plasebo yang dilakukan pada 147 pasien dengan tujuan untuk menentukan efikasi dan keamanan dari penggunaan gabapentin yang diformulasi gastrorentetive (G-GR) dalam tatalaksana neuropati perifer diabetikum yang sangat nyeri.
Pasien diabetes dengan gejala nyeri yang simetris pada anggota gerak ujung selama 1 hingga 5 tahun dan skor rerata nyeri harian (average daily pain, ADP) awal sebesar >4 menerima pengobatan dengan G-GR 3000 mg, sebagai dosis harian tunggal malam hari (G-GR-QD) atau dosis terbagi (G-GR-DD 1200 mg siang hari/1800 mg malam hari), atau plasebo selama 4 minggu. G-GR dititrasi dari 300 mg hingga 3000 mg/hari selama 2 minggu. Diikuti dengan 2 minggu tambahan dengan dosis 3000 mg/hari. Patokan efikasi meliputi perubahan skor ADP dan rerata skor interferensi tidur harian (sleep interference score, SIS) dari nilai awal hingga minggu ke-4.

Penurunan skor ADP yang secara bermakna lebih besar terlihat pada kelompok yang diberikan G-GR-QD dibandingkan dengan kelompok yang menerima plasebo (-2,50 vs -1,30; p =0,002). Penurunan skor ADP sebesar >50% tercapai pada 34,8% pasien di kelompok G-GR-QD dibandingkan dengan kelompok yang menerima plasebo yang sebesar 7,8% (p =0,001). Hasil serupa juga terlihat pada perubahan dari SIS. Insiden pusing dan mengantuk, yang umumnya berkaitan dengan penggunaan gabapentin, rendah.

Berdasarkan data-data di atas peneliti menyimpulkan bahwa G-GR sekali sehari efektif dan ditoleransi dengan baik untuk pengobatan nyeri yang ditimbulkan dari neuropati perifer diabetikum. (SFN)
Referensi:
Sandercock D, Cramer M, Biton V, Cowles VE. A gastroretentive gabapentin formulation for the treatment of painful diabetic peripheral neuropathy: efficacy and tolerability in a double-blind, randomized, controlled clinical trial. [internet]. Diabetes Res Clin Pract. 2012 Apr 10.

Sumber: http://www.kalbemedical.org/News/tabid/229/id/1579/GabapentinGastroretensif-Bermanfaat-untuk-Neuropati-Diabetikum.aspx

0 komentar:

Poskan Komentar