Minggu, 20 Mei 2012

Kopi dan Risiko Kanker Endometrial

Konsumsi sedikitnya 4 cangkir perhari sering dihubungkan dengan penurunan risiko kanker endometriim, hal ini menurut data dari the Nurses' Health Study, yang dilakukan oleh Dr.Youjin Je dan kolega dari the lab. of Edward Giovannucci, MD, ScD, - the Department of Nutrition and Epidemiology, the Harvard School of Public Health in Boston, Massachusetts, dan hal ini dipublikasikan secara online pada 22 November 2011 dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention.

Analisis ini melibatkan sebanyak 67.470 wanita dengan rentang usia 34 - 59 tahun, dan diikuti selama 26 tahun. Peneliti mendokumentasikan sebanyak 26 kasus kanker endometriosis. Konsumsi kopi kurang dari 4 cangkir hari tidak berhubungan dengan perubahan risiko kanker endometrium dibandingkan dengan minum 1 cangkir atau kurang per hari. Para peneliti memperhitungkan berbagai faktor dalam analisis multivariabel mereka, termasuk BMI, usia saat menopause, usia saat menarche, paritas dan usia saat kelahiran terakhir, penggunaan kontrasepsi oral, penggunaan hormon pascamenopause, dan konsumsi rokok dan alkohol.

Namun, minum 4 cangkir atau lebih kopi per hari dikaitkan dengan penurunan risiko relatif sebesar 25% dibandingkan dengan mengkonsumsi kurang dari 1 cangkir dengan rasio tingkat multivariabel harian, 0,75; 95% [CI], 0,57-0,97; P trend =. 02). Minum antara 2 dan 3 cangkir kopi per hari dikaitkan dengan risiko berkurang 7%, tetapi perbedaannya tidak bermakna secara statistik (tingkat rasio, 0,93; 95% CI, 0,76-1,14; P trend = 0,02).

Dalam hal pengurangan risiko absolut, perempuan yang minum kopi 4 cangkir atau lebih mengurangi risiko kanker endometrium dari 56 kasus per 100.000 perempuan menjadi 35 kasus per 100.000 perempuan. Para peneliti melihat hubungan yang sama ketika mereka membatasi analisis mereka untuk konsumsi kopi berkafein. Dalam hal ini, ada 30% pengurangan risiko relatif pada risiko kanker endometrium yang terkait dengan konsumsi dari 4 atau lebih cangkir dibandingkan dengan kurang dari 1 cangkir sehari.

Dari studi tersebut menujukkan bahwa kafein menunjukkan efek protektif terhadap kejadian kanker endometrium, dan kopi ternyata dari hasil studi laboratorium juga mempunyai manfaaat sebagai antioksidan.

Referensi:
Cancer Epidemiol Biomarkers Prev. Published online November 22, 2011.

Sumber: http://www.kalbemedical.org/News/tabid/229/id/1560/Kopi-dan-Risiko-Kanker-Endometrial.aspx

0 komentar:

Poskan Komentar