Minggu, 20 Mei 2012

Methtylprednisolone Efektif untuk Penanganan Nyeri Karena Kerusakan saraf Perifer

Dari penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Turki dan telah dipublikasi dalam jurnal Pain Medicine  edisi Maret 2012, disebutkan blok saraf periferal dengan menggunakan  metilprednisolon, efektif untuk mengurangi nyeri dengan menurunkan kerusakan neuronal ektopik dan juga menurunkan pelepasan mediator inflamasi lokal pada tempat perlukaan saraf.  

Dalam studi ini peneliti membandingkan efikasi lidokain tunggal sebagai kelompok kontrol dengan kombinasi lidokain dan depo-metilprednisolon sebagai kelompok pembanding untuk penatalaksanaan nyeri neuropatik yang disebabkan kerusakan saraf periferal. Desain penelitian secara acak, tersamar ganda dan terkontrol (randomized, double-blind comparator trial), dengan kelompok kontrol (n=44) menerima lidokain 0,5% dan kelompok metil prednisolon (n=44) menerima 80 mg depo-metilprednisolon dan lidokain 0,5%  pada bagian proksimal tempat luka persarafan dengan jumlah total 10–20 mL larutan menurut tipe blok persarafan periferal dengan stimulator syaraf. 

Pengukuran hasil berdasarkan data demografik, skala rating  atau preblock numerical rating scales (NRSs), gejala dan tanda neuropatik dari skor the Leeds assessment (LANSS0), gejala yang menyertai, dan keperluaan analgesik yang tercatat. Skor dari Postblock NRS dicatat mengikuti blok syaraf periferal dan setelah 3 bulan. Selanjutnya LANSS1, gejala yang menyertai, dan keperluan analgesik juga dire-evaluasi 3 bulan setelah penyuntikan.

Hasil penelitian menunjukkan preblock NRS  masing-masing 8±1,5 vs 8,1±1,2, postblock NRS masing-masing 2,1±1,2 vs 2,4±1,4, kemudian untuk LANSS0 masing-masing 18,4±2,2 vs 18,2±2,1, dan gejala penyerta sebanding diantara 2 kelompok tersebut. Skor pada kelompok metilprednisolon secara bermakna membaik setelah 3 bulan postblock untuk NRS (2±1,4 vs 5,2±1,7) dan skor LANSS1 (4,14±2,7 vs 14,1±2,8), gejala penyerta, dan keperluan analgesik (P <0,0001).
Dari studi tersebut peneliti menyimpulkan bahwa, blok persarafan periferal dengan menggunakan 80 mg depo metilprednisolon ditambah lidokain 0,5% efektif untuk penatalaksanaan nyeri neuropatik yang disebabkan kerusakan saraf periferal (IWA).


Referensi :
Eker HE, Cok OY, Aribogan A , Arslan G. Management of Neuropathic Pain with Methylprednisolone at the Site of Nerve Injury.  Pain Medicine 2012;(3):443–51

Sumber:  http://www.kalbemedical.org/News/tabid/229/id/1520/Methtylprednisolone-Efektif-untuk-Penanganan-Nyeri-Karena-Kerusakan-saraf-Perifer.aspx

0 komentar:

Poskan Komentar