Minggu, 01 Juli 2012

Terapi Oksigen Bermanfaat untuk Nyeri Kepala semua Tipe

Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Ozkurt dan kolega yang dipublikasikan secara online dalam American Journal of Emergency Medicine bulan Mei baru-baru ini menyebutkan bahwa pemberian terapi oksigen konsentrasi tinggi memberikan manfaat dalam terapi nyeri kepala dari semua tipe. Dalam studinya Dr. Ozkurt menilai efektivitas terapi inhlasi oksigen untuk penanganan nyeri kepala di departemen gawat darurat.

Dalam studinya,  peneliti  melakukan penelitian dengan disain  prospektif acak, buta tersamar, kontrol plasebo terhadap  pasien yang datang ke UGD dengan keluhan utama sakit kepala. Para pasien diacak untuk menerima baik 100% oksigen melalui masker nonrebreather sebesar 15 L / menit atau pengobatan plasebo dari udara ruangan melalui masker nonrebreather selama 15 menit secara total. Selanjutnya parameter yang diukur adalah  skor nyeri pada 0, 15, 30, dan 60 menit dengan menggunakan skala analog visual (VAS). Pada 30 menit, pasien dinilai untuk kebutuhan obat analgesik. Jenis sakit kepala pasien diklasifikasikan oleh dokter yang mengobati darurat menggunakan kriteria diagnostik standar.
 
Sebanyak 204 pasien setuju untuk berpartisipasi dalam studi ini dan secara acak mendapatkan oksigen (102 pasien) atau  plasebo (102 pasien). Jenis sakit kepala pasien yang meliputi nyeri kepala tension  (47%), migrain (27%), tidak dibedakan (25%), dan kluster (1%). Pasien yang menerima terapi oksigen melaporkan peningkatan secara signifikan dalam visual skor skala analog di semua titik jika dibandingkan dengan plasebo: 22 mm vs 11 mm pada 15 menit (P <.001), 29 mm vs 13 mm pada 30 menit (P <.001) , dan 55 mm vs 45 mm pada 60 menit (P <.001). Ketika ditanya pada 30 menit, 72% dari pasien dalam kelompok oksigen dan 86% pasien pada kelompok plasebo meminta obat analgesik (P = .005).
Selain perannya dalam pengobatan sakit kepala cluster, aliran tinggi terapi oksigen dapat memberikan pengobatan yang efektif dari semua jenis sakit kepala dalam pengaturan ED.

Referensi: Ozkurt B, Cinar O, Cevik E, Acar AY, Arslan D, Eyi EY, Jay L, Yamanel L, Madsen T. Efficacy of high-flow oxygen therapy in all types of headache: a prospective, randomized, placebo-controlled trial;  American Journal of Emergency Medicine (May 2012)

Sumber: http://www.kalbemed.com/News/tabid/229/id/1675/Terapi-Oksigen-Bermanfaat-untuk-Nyeri-Kepala-semua-Tipe.aspx

0 komentar:

Poskan Komentar