Minggu, 01 Juli 2012

Merokok Mempercepat Penurunan Fungsi Kognitif dan Eksekutif pada Kaum Laki-laki

Studi terbaru menunjukkan bahwa, perokok yang dilakukan pada usia pertengahan khususnya pada kaum laki-laki akan mempercepat terjadinya penurunan fungsi kognitif dan fungsi eksekutif  jika dibandingkan dengan individu yang tidak merokok. Hal ini merupakan kesimpulan dari studi yang dilakukan oleh Dr. Séverine Sabia, PhD. yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Archives of General Psychiatry tahun 2012 ini.
 
Studi yang melibatkan sebanyak 5099 kaum ellaki dan sebanyak 2137 kaum wanita ini merupakan studi kohort dengan rentang usia 44-69 tahun, dimana subyek diambil dari the Whitehall II Study yang dilakukan penilaian fungsi kognitif pada tahun 1997 sampai 1999, dan diulang pada tahun 2002 sampai 2004 dan 2007 sampai 2009 dengan menggunakan parameter the cognitive test battery yang terdiri dari tes memori, vokabulari, fungsi eksekutif  dan performen kognitif global. Status merokok dievaluasi selama periode penelitian. 

Hasil dari studi tersebut, pada kaum laki-laki terjadi penurunan dari semua tes kecuali tes vokabulari jika dibandingkan dengan populasi yang tidak merokok dengan deviasi standar antara seperempat sampai sepertiga. Penurunan fungsi kognitif tercepat terlihat pada kelompok yang pada saat studi masih melakukan merokok jika dibandingkan dengan yang tidak merokok (mean difference in 10-year decline in global cognition = -0.09 [95% CI, -0.15 to -0.03] and fungsi kognitif = -0.11 [95% CI, -0.17 to -0.05]). Pada kelompok yang pada saat studi sudah tidak merokok terjadi penurunan fungsi eksekutif yang paling besar (-0.08 [95% CI, -0.14 to -0.02]), walaupun dalam jangka panjang penurunan pada eks-perokok ini sembanding dengan yang tidak merokok. Sebagai analisis tambahan terhadap gangguan kesehatan dan kematian terjadi perbedaan antara 1,2 sampai 1,5 kali lebih besar pada kelompok perokok. Sedangkan pada kaum wanita penurunan fungsi kognitif tidak dipengaruhi oleh status merokoknya.

Berdasarkan studi tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak merokok, perokok kaum laki-laki  pada usia paruh baya terjadi penurunan  fungsi kognitif dan fungsi eksekutif yang lebih cepat. Pada eks-perokok yang sudah berhenti miminal 10 tahun tiak dterjadi efek pada penurunan fungsi kognitif.

Referensi: Séverine Sabia, PhD; Alexis Elbaz, MD, PhD; Aline Dugravot, MSc; Jenny Head, MSc; Martin Shipley, MSc; Gareth Hagger-Johnson, PhD; Mika Kivimaki, PhD; Archana Singh-Manoux, PhD . Impact of Smoking on Cognitive Decline in Early Old AgeThe Whitehall II Cohort Study. Arch Gen Psychiatry. 2012;69(6):627-635.

Sumber: http://www.kalbemed.com/News/tabid/229/id/1683/Merokok-Mempercepat-Penurunan-Fungsi-Kognitif-dan-Eksekutif-pada-Kaum-Laki-laki.aspx

0 komentar:

Poskan Komentar