Minggu, 01 Juli 2012

Konsumsi Buah dan Sayur dapat Membantu dalam Proses Penghentian Merokok ?

Penelitian cross-sectional secara konsisten menemukan bahwa perokok lebih sedikit mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari daripada bukan perokok. dan  studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran dapat membantu dalam mengurangi atau membantu proses penghentian ketergantungan merokok. Hal ini merupakan kesimpulan dari studi yang dilakukan oleh Dr. Jeffrey P. Hainbach dan kolega dari  Department of Community Health and Health Behavior, University at Buffalo, The State University of New York, yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research bulan Mei 2012.
 
Sebuah uji sampel acak dari 1.000 perokok (usia 25 tahun atau lebih) dinilai FVC (fruit and vegetable consumption) awal dan indikator orientasi kesehatan umum. Analisis multivariabel digunakan untuk menilai apakah  FVC awal dikaitkan dengan intensitas merokok, waktu untuk rokok pertama (TTFC), dan skor tota dari Skala Sindrom Ketergantungan Nikotin (NDSS), disesuaikan dalam hal usia, jenis kelamin, ras / etnis, pendidikan, dan pendapatan rumah tangga. Penelitian ini juga menilai apakah  FVC awal diprediksi 30-hari pantang dari semua produk tembakau pada 14-bulan follow-up antara perokok awal, dengan penyesuaian tambahan untuk indikator orientasi kesehatan umum (minum berat, olahraga, dan penggunaan narkoba).

FVC yang tinggi dikaitkan dengan jumlah rokok yang lebih sedikit per hari, lebih lama TTFC, dan skor NDSS lebih rendah. Mereka yang berada di kuartil tertinggi FVC adalah 3,05 kali lebih besar (p <.01) dibandingkan dalam kuartil terendah untuk berpuasa selama sedikitnya 30 hari di follow-up.  FVC berbanding terbalik dikaitkan dengan indikator ketergantungan nikotin dan diprediksi pantang di follow-up antara perokok awal. Penelitian lebih lanjut pengamatan dan penelitian eksperimental akan memberikan informasi yang berguna mengenai konsistensi hubungan dan membantu menjelaskan mekanisme yang mungkin.

Referensi: Jeffrey P. Haibach, M.P.H., Gregory G. Homish, Ph.D. and Gary A. Giovino, Ph.D., M.S. A Longitudinal Evaluation of Fruit and Vegetable Consumption and Cigarette Smoking.  Nicotine and Tobacco Reasearch. May doi: 10.1093/ntr/nts130 

Sumber: http://www.kalbemed.com/News/tabid/229/id/1668/Konsumsi-Buah-dan-Sayur-dapat-Membantu-dalam-Proses-Penghentian-Merokok-.aspx

0 komentar:

Poskan Komentar