Rabu, 06 Juni 2012

Studi Awal, NAC (N-Acetylcysteine) Oral Bermanfaat untuk Autisme

 Ketidakseimbangan sistem eksitasi dan inhibisi  dengan kelainan dalam jalur glutamatergic diperkirakan berkontribusi terhadap patofisiologi autisme. Selain itu, ketidakseimbangan yang menahun dari proses  kronis  baru-baru ini juga terkait dengan gangguan ini, oleh karena itu penggunaan antioksidan diharapkan memberikan manfat untuk pasien-pasien ADHD ini. Dan studi terbaru menunjukkan bahwa  N asetilsistein-oral (NAC), sebuah modulator glutamatergic dan antioksidan memberikan manfaat untuk anak dengan gangguan autisme. Studi klinis skala kecil ini dilakukan oleh Dr. Antonio Hardan dan kolega dan telah dipublikasikan secara online dalam jurnal Biologycal Psychiatry Juni 2012. 
 
Penelitian NAC ini merupakan studi 12-minggu,  acak- tersamar ganda, terkontrol plasebo yang dilakukan  pada anak dengan gangguan autis. Subyek diacak untuk mendapatkan NAC dengan dosis  900 mg setiap hari selama 4 minggu, kemudian 900 mg dua kali sehari selama 4 minggu dan 900 mg tiga kali sehari selama 4 minggu. Parameter utama adalah  (Checklist Perilaku Menyimpang [ABC] iritabilitas subskala) dan penilaian keamanan  dilakukan pada awal, dan 4 8, dan 12 minggu. Parameter sekunder termasuk ABC stereotypy subscale, Repetitive Behavior Scale-Revised, and Social Responsiveness Scale.

Sebanyak tiga puluh tiga subyek (31 subyek laki-laki, 2 subyek perempuan; usia 3,2-10,7 tahun) secara acak dilibatkan dalam penelitian ini. Follow-up data tersedia pada 14 subjek pada kelompok NAC dan 15 pada kelompok plasebo. Pemberian NAC secara peroral secara umum ditoleransi dengan baik dan dengan efek samping terbatas. Dibandingkan dengan plasebo, NAC menghasilkan peningkatan signifikan pada iritabilitas ABC subskala (F = 6,80, p <.001, d = 0,96).
Data dari penelitian tersebut mendukung potensi dari NAC untuk penanganan iritabilitas anak dengan gangguan autis.  Penelitian dalam skala yang besar dan terkontrol diperlukan untuk memastikan manfaat ini.



Referensi: Biol Psychiatry. 2012;71:956-961

Sumber: http://www.kalbemedical.org/News/tabid/229/id/1620/Studi-Awal-NAC-N-Acetylcysteine-Oral-Bermanfaat-untuk-Autisme.aspx

0 komentar:

Poskan Komentar