Senin, 04 Juni 2012

Metformin, Manfaatnya pada Pasien Obesitas Non-Diabetes dengan Hipertensi

Obesitas dan Hipertensi sering berkaitan dengan efek metabolisme dan inflamasi sistemik derajat rendah. Metformin menurunkan berat badan dan proses inflamasi pada pasien dengan diabetes. Dan studi terbaru menunjukkan bahwa penggunaan metformin juga memberikan efek yang menguntungkan pada pasien obesitas non-diabetes dengan hipertensi. Metformin mampu menurunkan kolesterol total, obesitas abdominal, dan kadar CRP pada pasien non-diabetes tersebut. Hal ini merupakan kesimpulan dari studi yang dilakukan oleh Dr. He dan kolega dan dipublikasikan secara online dalam Journal of Hypertension bulan April 2012 ini.

Studi tersebut melibatkan sebanyak 180 partisipan, yang secara acak mendapat metformin dan sebanyak 180 partisipan yang secara acak mendapat plasebo. Pada minggu ke-24, pemberian metformin jika dibandingkan dengan plasebotidak memberikan efek yang bermakna pada penurunan tekanan darah, kadar gula darah, HDL maupun LDL, namun menurunkan total kolesterol serum (0,27 mmol/L, P=0,038). Metformin secara bermakna juga menurunkan berat badan (-0,7 kg. P=0,006), BMI (-0,2 kg/m, P=0,024), serta lingkar pinggang (-0,9 cm, P=0,008), dan baik lemak subkutan (-6,1 cm, P=0,043) maupun viseral (-5,4 cm, P=0,028) yang diukur dengan menggunakan computered tomography, dan menurunkan kadar C-reactive protein (-0,6 mg/dL, P<0,001). Namun tidak ada perbedaan yang bermakna dalam hal kejadian efek samping (P=0,785).

Berdasarkan hasil studi tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa metformin tidak memberikan efek terhadap tekanan darah, kadar gula darah, namun mampu menurunkan total kolesterol, obesitas abdominal, dan kadar C-reactive protein pada pasien obes dengan hipertensi tanpa diabetes.

Referensi:
He H, Zhao Z, Chen J, Ni Y, Zhong J, Yan Z, Li Y, Liu D, Pletcher MJ, Zhu Z; Metformin-based treatment for obesity-related hypertension: a randomized, double-blind, placebo-controlled trial. Journal of Hypertension (Apr 2012).











0 komentar:

Poskan Komentar