Kamis, 15 Agustus 2013

Macrolide dan Manfaatnya Terhadap Gejala Asma, Sebuah Metaanalisis

Menurut guideline GINA tahun 2011, ada beberapa pengobatan utama asma yaitu beta-agonis, kortikosteroid oral atau inhalasi dan berbagai modulator sistem imun. Belum ada rekomendasi penggunaan antibiotik untuk memperbaiki gejala asma. Ada hipotesis yang menduga bahwa penggunaan antibiotik macrolide bermanfaat memperbaiki gejala asma tetapi beberapa penelitian memperoleh hasil kontradiktif.
Untuk mengevaluasi efek macrolide terhadap asma, beberapa peneliti dari Philadelphia, USA, melakukan sebuah metaanalisis beberapa uji klinik tentang efek antibiotik macrolide terhadap asma. Mereka menemukan ada 116 uji klinik, tetap hanya 6 yang memenuhi kriteria dan dimasukkan dalam metanalisis. Dari 6 uji klinik ini, menggunakan 3 jenis macrolide yaitu azithromycin, roxithromycin dan troleandomycin.

Metanalisis in menemukan 2 hal, pertama adalah apabila antibiotik macrolide digunakan pada pasien asma yang tidak mendapat corticosteroid, tidak terdapat perbedaan bermakna pada FEV1 antara kelompok yang mendapat macrolide dengan kelompok yang mendapat plasebo (p = 0,43).
Hasil kedua adalah apabila antibiotik macrolide diberikan kepada pasien yang mendapat corticosteroid, terdapat pebedaan bermakna : kelompok macrolide + corticosteroid memperoleh FEV1 lebih tinggi dibandingkan kelompok plasebo + corticosteroid (p = 0,05). Selain itu juga ditemukan bahwa kelompok macrolide + corticosteroid membutuhkan dosis corticosteroid yang lebih rendah daripada kelompok plasebo +corticosteroid (0,004).
Simpulan metaanalisis ini adalah meskipun penggunaan antibiotik macrolide secara sendiri tidak berdampak signifikan terhadap gejala asma, pada pasien yang mendapat corticosteroid oral, penambahan antibiotik macrolide dapat memperbaiki FEV1 dan mengurangi kebutuhancorticosteroid oral. (NNO)
Referensi:
1.   Global Initiative for Asthma. Pocket guide for asthma management and prevention [Internet]. 2011 [cited 2013 Mar 28]. Available from:http://www.ginasthma.org/documents/1/Pocket-Guide-for-Asthma-Management-and-Prevention.
2.   Mikailov A, Kane I, Aronoff SC, Luck R, Delvecchio MT. Utility of adjunctive macrolide therapy in treatment of children with asthma: a systematic review and meta-analysis. J Asthma Allergy. 2013;6:23-9.

0 komentar:

Poskan Komentar