Rabu, 08 Februari 2012

Fucoidan Bermanfaat pada Ulkus Lambung Imbas - Aspirin


Aktivitas anti-peptik fucoidan saat ini telah cukup dikenal dan bahkan telah dipasarkan untuk indikasi tersebut. Mekanismenya yang telah diketahui hingga saat ini meliputi:

•Menstabilkan basic fibroblast growth factor yang diperlukan untuk proses penyembuhan ulkus lambung.
•Menstimulasi sel epitel untuk memproduksi epithelial growth factor.
•Tidak memiliki sifat pro-inflamasi seperti polisakarida lain.

Suatu studi terkini pada hewan coba mencit menilai manfaat pemberian fucoidan pada kondisi ulkus lambung yang diinduksi aspirin. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan biokimia dan imunologi.
Hasilnya menunjukkan bahwa pemberian fucoidan menghasilkan proteksi bermakna (p<0,05) terhadap ulserasi dengan menghambat alterasi akut AST (aspartate transaminase), ALT (alanine transaminase), sitokin, dan kadar glikogen dalam lambung. Namun, terdapat peningkatan kadar interferon gamma pada populasi yang diberikan fucoidan.
Hasil studi tersebut mengindikasikan adanya sifat anti-ulkus dari fucoidan yang berkontribusi dalam melindungi kerusakan oksidatif inflamasi yang dimediasi sitokin terhadap mukosa lambung. (HSD)

Reference:
1.    Effect of fucoidan on aspirin-induced stomach ulceration in rats.Chem Biol Interact. 2010;183(1):249-54.
2.   Properties of fucoidan from Cladosiphon okamuranus tokida in gastric mucosal protection.Biofactors. 2000;11(4):235-45.
3.      The efficacy of fucoidan on gastric ulcer.Indonesian Journal of Biotechnology. 2006;11(2).


0 komentar:

Poskan Komentar