Senin, 19 Januari 2009

Diet Penderita Nephrotik Syndrom

Pada Shoutbox blog ini saya mendapatkan permintaan dari Wahyu: "mas apa diet bagi penderita penyakit nephrotik sindrom tersebut? kakak saya kemungkinan mengidap penyakit tersebut apa masih bisa sembuh?"

Ok, saya akan coba menjawabnya.

Pada nephrotik sindorom terjadi proteinuria (keluarnya protein dalam urin), hipoalbuminemia (kadar protein dalam darah rendah), edema perifer (pembengkakan pada tubuh, bisa seluruh tubuh), hiperlipidemia (kadar kolesterol darah meningkat). Untuk dietnya hindari makanan yang mengandung garam, karena garam akan menyebabkan air dalam tubuh tertahan sehingga bisa memperparah bengkaknya.Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, karena akan menambah kadar kolesterol dalam tubuh

Untuk kesembuhan apabila mengikuti terapi kortikosteroid sampai dengan tuntas frekuensi kesembuhannya bisa sampai 90%. Tetapi setelah kortikosteroid dihentikan bisa kambuh lagi sekitar 50%.

Semoga jawaban saya bisa membantu anda, saya doakan kakak anda segera sembuh. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar